Minggu, 04 Desember 2011

Membuat Website Dengan Domain Gratis (co.cc)

 

Anda tidak perlu keluar biaya untuk sewa space agar dapat meletakan data-data di web server 50webs.com. Namun cara tersebut masih belum sepenuhnya menjadikan blog atau website anda gratis, karena anda masih harus membeli domain.

Pada artike tersebut sempat saya singgung juga mengenai domain gratis melalui www.co.cc . Domain ini nantinya akan dapat digunakan untuk banyak hal, antara lain menjadi domain dari blog anda di blogger.com, menjadi di WordPress.com, dan menjadi domain dengan hosting gratis, misalnya di 50webs.com seperti yang kita bahas di waktu yang telah lalu.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas cara mendapatkan domain gratis di www.co.cc sebagaimana langkah-langkah yang akan saya ternagkan dibawah ini:

DAFTAR DOMAIN
1. Kunjungi http://www.co.cc/ .
2. Di kotak yang tersedia, isi nama domain yang kita inginkan. Contoh netrixku.co.cc. Klik “Check Avability” kalau pesan yang muncul “Avaiable” (Belum terdaftar), teruskan prosesnya, kalau sudah teregister ulangi lagi dengan nama domain yang lain.
3. Klik “Continue to Registration”
4. Klik “Create an account now” di bagian paling bawah.
5. Isi formulir. Jangan lupa kasih tanda centang pada bagian paling bawah di “I accept terms of service”
6. Klik “Create an account now”
7. Selesai.
Selanjutnya kita harus mensetting domain yang sudah terdaftar untuk di arahkan sesuai tujuan. Yang paling mudah adalah dengan cara me-redirect atau URL forwarding. Redirect atau URL forwarding merupakan fungsi termudah dari domain co.cc yang sifatnya sementara.
Masalahnya kalau tidak di setup lebih dari dua hari kerja maka domain yang sudah kita buat akan di batalkan oleh penyedia domain. Selain itu kita bisa merubahnya dengan setting lanjutan atau Advance kalau sudah ada waku, misalnya untuk di host di webhosting gratis.

PROSES REDIRECT / SETUP URL FORWARDING
1. Setelah muncul tulisan “Your new domain has been suscessfully registered” Klik “Setup”.
2. Pada bagian paling atas klik “Setup”
3. Beri tanda centang pada URL Forwarding atau kotak bulat no.3.
4. Isi alamat blog anda yang akan di redirect, lebih baik gunakan alamat blog gratisan seperti WordPress atau blogger.com
5. Di bagian Frame >> Pilih “URL hiding” jika anda ingin alamat redirect tidak ditampilkan di address bar. Pilih Path Forwarding jika anda ingin alamat redirect asli tampil.
6. Klik “Setup”.
7. Ada tulisan “Your Change Has Been Submitted” Klik “OK”
8. Sampai disini proses setup redirect dengan domain co.cc selesai.
9. Nah, coba sekarang buka domain baru anda di co.cc itu di bar address, kini blog redirect anda akan tampil.

Atau menggunakan Name Server
1. Setelah muncul tulisan “Your new domain has been suscessfully registered” Klik “Setup”.
2. Pada bagian paling atas klik “Setup”
3. Beri tanda centang pada Name Server atau kotak bulat no.1.
4. Isi box Name server 1 dengan Name server hosting Anda. Misal, jika Anda memakai 000webhost.com berarti isi dengan ns01.000webhost.com.
5. Isi box Name server 2 dengan Name server hosting Anda. Misal, jika Anda memakai 000webhost.com berarti isi dengan ns02.000webhost.com.
6. Klik “Setup”.
7. Ada tulisan “Your Change Has Been Submitted” Klik “OK”
8. Sampai disini proses setup name server dengan domain co.cc selesai.
9. Tunggulah selama minimal 2 jam (bisa sampai 2 hari “Name server changes may take up to 48 hours to update throughout the Internet.at”), karena proses ini memang memakan waktu lama.
10. Nah, coba sekarang buka domain baru anda di co.cc itu di bar address, kini blog anda akan tampil. Berhasil… Berhasil… Berhasil… Hore…
Bagaimana menurut anda?? Apakah domain di co.cc memuaskan hati anda??

By: Christian Junjungan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews